Layanan Tes GeNose C19 di Lombok



Kabar baik bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan keluar dari pulau Lombok, khususnya melalui perjalanan udara, karena terhitung sejak kamis tanggal 29 April 2021 General Manager (GM) Bandara Internasional Lombok telah memperbolehkan penumpang menggunakan hasil tes GeNose C19 sebagai salah satu syarat melakukan penerbangan ke luar pulau Lombok. Sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang menjelaskan bahwa penggunaan alat deteksi dini COVID-19 berbasis embusan napas hasil produksi dalam negeri, yaitu GeNose C19, akaniperluas pada seluruh moda transportasi sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi COVID-19.


Adapun maksud dan tujuan penggunaan alat deteksi dini COVID-19 tersebut adalah sebagai berikut:

  1. meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru bagi terciptanya kehidupan yang produktof dan aman COVID-19;

  2. mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19; dan

  3. melakukan pembatasan pelaku perjalanan pengguna moda transportasi udara, laut, kereta api, dan darat.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung mendownload : Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021


Dimana saja lokasi Tes GeNose C19 di Lombok?

Untuk sementara ini lokasi tes GeNose C19 hanya ada di satu lokasi saja yaitu di lokasi parkir Bandar Udara Internasional Lombok atau Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang berlokasi sekitar 30 km dari pusat kota Mataram atau 10 km dari pusat kota Praya.

Pelaksana tes oleh Laboratorium Klinik Cyto.


Berapa Biaya Tes GeNose C19 di Lombok?

Biaya tes GeNose C19 terbagi menjadi 2 tarif, diantaranya yaitu:

  1. Rp 40.000,- sekali tes, bagi orang/ penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan/ e-tiket penerbangannya sudah terbit atau boarding pass;

  2. Rp 50.000,- sekali tes, bagi masyarakat umum.

Untuk saat ini tes GeNose C19 merupakan tes pendeteksi COVID-19 paling murah di Lombok.


Berapa Lama Hasil Tes GeNose C19 di Lombok?

Proses pelaksanaan tes GeNose C19, diantaranya yaitu:

  1. Registrasi/ pendaftaran serta pembayaran biaya tes, kurang lebih 5 menit, tergantung panjangnya antrian orang yang mengikuti tes, baik tes antigen, anti body, PCR/swab;

  2. Masuk ke bilik untuk melakukan tes pernapasan, kurang lebih 2 menit;

  3. Menunggu hasil tes, kurang lebih 10 menit s.d. 15 menit, tergantung antrian yang melakukan tes.

Jadi estimasi pelaksanaan tes GeNose C19 adalah 15 s.d. 30 menit, hal ini tergantung berapa banyak orang/ penumpang yang melakukan tes. Kami menyarankan bagi Anda yang melakukan penerbangan, melakukan tes tersebut paling lambat 2 jam sebelum penerbangan.


Bagaimana Apabila Hasil Tes GeNose C19 Reaktif?

Apabila hasil dari tes GeNose C19 yang Anda lakukan adalah reaktif, maka sebaiknya Anda melakukan tes ulang menggunakan tes Antigen dengan biaya Rp170.000 di tempat yang sama yaitu Laboratorium Klinik Cyto. Ketika hasilnya negatif, maka Anda dapat melanjutkan perjalanan atau penerbangan dan apabila tidak maka Anda harus didata terlebih dahulu untuk dilakukan pengujian lebih lanjut.


Hal Apasaja yang Harus Dilakukan Sebelum Tes GeNose C19?

Sebelum melakukan tes GeNose C19, alangkah baiknya Anda menghindari hal-hal sebagai berikut:

  1. Dilarang makan dan minum (kecuali air putih/mineral) 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19;

  2. Dilarang merokok 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19.

Karena pengujian tes GeNose C19 menggunakan pernapasan, maka sebaiknya 30 menit sebelum melakukan tes hindari hal-hal yang dapat membuat hasil tes Anda reaktif.


Mohon Informasi Jam Layanan Tes GeNose C19 di Lombok?

Laboratorium Klinik Cyto melayani Tes Genose C19 dan tes lainnya mulai dari pukul 06.00 s.d. 16.00 WITA.


Apakah Hasil Tes GeNose C19 Dapat Digunakan Berulangkali?

Hasil dari tes GeNose C19 hanya dapat Anda gunakan untuk penerbangan yang akan dilakukan di hari yang sama dan apabila akan melakukan perjalanan/penerbangan di hari yang berbeda maka Anda harus melakukan tes kembali.


Apakah Hasil Tes GeNose C19 Dapat Digunakan di Seluruh Wilayah Indonesia?

Jawabannya adalah TIDAK.

Alasannya adalah terdapat beberapa daerah yang mewajibkan penumpang yang akan memasuki daerahnya menggunakan tes RT-PCR atau rapid test antigen.


Berikut adalah daerah-daerah yang mewajibkan calon penumpang melakukan tes RT-PCR (swab), diantaranya yaitu:

  1. Pulau Bali (Dasar hukumnya : Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021 tanggal 26 Maret 2021);

  2. Kalimantan Tengah (Dasar hukumnya : Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah No 443.1/ 40/ Satgas Covid-19 tanggal 13 April 2021);

  3. Kalimantan Barat.

Jangan sesekali mencoba menggunakan tes antigen atau tes GeNose C19 ke tiga daerah tersebut, dengan harapan petugas bandara akan memberi toleransi kepada Anda, hal tersebut tidak akan terjadi. Anda dipastikan di tolak untuk melakukan penerbangan, malah akan membuat tiket penerbangan Anda hangus atau tidak dapat direfund.


Sebaiknya Anda melakukan tes RT-PCR, paling lambat 2 x 24 jam sebelum penerbangan, karena hasil dari tes tersebut membutuhkan waktu yang lama.


Demikian informasi mengenai tes GeNose C19 di Lombok, semoga informasi ini bermanfaat dan melancarkan perjalanan Anda.

Dan kami akan dengan senang hati apabila Anda menggunakan jasa kami selama perjalanan atau liburan di Lombok, Tim Lombok Car Transport akan membantu Anda melakukan tes GeNose C19 di Bandara Internasional Lombok, sehingga waktu yang Anda miliki lebih efektif.


"Walaupun hasil tes GeNose C19 Anda negatif, tetaplah melakukan protokol kesehatan yang ketat selama di perjalanan, karena keluarga sudah menunggu di rumah"
Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square